IELTS, apa sih?

14 08 2010

IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System, merupakan sebuah sistem penilaian yang dirancang oleh para ahli tes dunia untuk mengukur sejauh mana kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris. Tes ini memberikan kesempatan pada Anda untuk menunjukkan kemampuan listening, reading, writing dan speaking. IELTS juga dirancang untuk dapat menguji kemampuan berbahasa peserta yang akan bekerja atau belajar di negara yang memakai bahasa Inggris sebagai sarana komunikasi.

Karakteristik Tes IELTS

IELTS menguji kemampuan peserta dalam menggunakan bahasa Inggris secara efektif dalam keempat elemen kunci dalam berbahasa – listening, reading, writing dan speaking – dan juga ditambah dengan pengetahuan tata bahasa dan kosakata yang sesuai dengan konteks.

Terdapat 4 bagian dalam ujian ini. Semua peserta akan mendapatkan tes Listening dan Speaking yang sama, tetapi peserta dapat memilih untuk mengambil modul General Training ataupun Academic dalam tes Reading dan Writing.

Modul Akademik menguji kemampuan peserta untuk dapat menggunakan bahasa Inggris yang diperlukan untuk mengikuti proses belajar, misalnya memahami suatu argumen yang kompleks, mendiskusikan ide dan konsep yang abstrak dan menangkap informasi secara efektif. Modul General Training menguji kemampuan bahasa secara lebih luas. Modul ini lebih sesuai untuk peserta yang ingin mengambil training yang berhubungan dengan pekerjaan, menuntaskan sekolah menengah atau bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar.

Keseluruhan materi yang diujikan baik dalam modul Akademik ataupun General Training, didasarkan pada topik yang umum, dan peserta tidak harus mempunyai kemampuan khusus di satu bidang tertentu.

Penilaiannya?

Skor IELTS biasa disebut band. Masing-masing bagian dalam IELTS memiliki band tersendiri, yang tertulis dalam skala 1-9. Sementara itu, nilai total IELTS itu sendiri adalah rata-rata dari seluruh bagian tes dan tertulis dalam skala yang sama. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing band.

ielts

Sebagai informasi, untuk beasiswa luar negeri biasanya mensyaratkan minimal band 5 untuk keseluruhan. Tapi untuk amannya, jangan mentargetkan band 5.

Dimana dan berapa?

Anda bisa mencari di Internet lembaga-lembaga mana saja yang menyelenggarakan tes IELTS. Untuk Indonesia, yang baru saya tahu adalah IALF (Indonesia Australia Language Foundation) yang ada di Jakarta, Surabaya dan Denpasar. Untuk biaya tes, sampai saat tulisan ini dibuat, adalah $180. Anda juga dapat mengikuti preparation course selama 2 minggu, tentunya dengan biaya tambahan.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: